logo - 3

 quote-openMemberdayakan Masyarakat Melalui Perpustakaan dan Memelihara Akuntabilitas Melalui Kearsipan
quote-open

      :: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MEDAN ::

jam layanan

peta lokasi

kontak kami

Yuk, Kunjungi Perpustakaan Cabang Sunggal

Artikel dimuat pada: 01 Sep 2013, 01:08:00 WIB

gambar_berita

(Analisa/muhammad arifin) Sejumlah pengunjung (atas kiri) sedang melihat fasilitas internet. Seorang penjaga tengah memasukkan data buku-buku (bawah kanan) dan lokasi perpustakaan Cabang Sunggal yang memanfaatkan salah satu kantor Kelurahan Tanjung Rejo-Medan Sunggal di Jalan Abadi Medan.

Teman-teman Sahabat Taman Riang di kota Medan. Ada kabar gembira lho. Perpustakaan Kota Medan telah membuka cabang baru yakni Perpustakaan Kota Medan Cabang Sunggal.

Lokasinya di Kantor Lurah Tanjung Rejo-Kecamatan Medan Sunggal, persis di Jalan Abadi. Tidak jauh dari Jalan Setia Budi.

Nah, apa saja sih yang ada di perpustakaan Cabang Sunggal?

Menurut Kepala Perpustakaan Kota Medan, Pak Januari Pane, Perpustakaan Cabang Sunggal tidak jauh berbeda dengan Perpustakaan Kota Medan (perpustakaan induk) di Jalan Iskandar Muda Medan.

Ibarat supermarket, baik supermarket yang besar di mal atau yang kecil-kecil di sudut-sudut kota Medan. Nah, perpustakaan Cabang Sunggal juga demikian.

Di Perpustakaan Cabang Sunggal ada 1000 buku, mulai buku anak-anak, dewasa, orangtua, pendidikan dan lain-lain. Ada juga fasilitas internet bagi yang ingin mencari informasi melalui internet. Ada tiga komputer yang siap pakai, dan satu komputer bagi petugas jaga. Ada juga alat-alat edukasi bagi anak-anak.

Bagi teman-teman, Pak Januari Pane mengajak agar rajin ke perpustakaan karena bisa bikin kita pintar. Ada yang beda lho? Maksudnya, di perpustakaan Cabang Sunggal ini kita bisa meminjam dan memulangkan di kantor pusat di Jalan Iskandar Muda atau sebaliknya, jiak teman-teman meminjam di kantor pusat bisa memulangkan di kantor Cabang Sunggal. “Ini namanya terintegrasi,” ucap Pak Januari Pane.

Menurutnya, meskipun belum diresmikan tapi perpustakaan cabang Sunggal sudah bisa dimanfaatkan. Saat ini adik-adik PAUD belajar di Kantor Lurah digabung dengan perpustakaan. “Jadi, adik-adik yang sekolah PAUD sangat beruntung. Belajar di ruang perpustakaan yang full AC dan lengkap fasilitas,” ucap Pak Januari Pane sembari mengajak teman-teman berkunjung. Ayo, ke perpustakaan Cabang Sunggal!!

••• muhammad arifin

Perpustakaan Medan Bakal Dibangun Berlantai Tiga

gambar_berita
Artikel dimuat pada: 15 Aug 2013, 06:38:58 WIB

(Analisa/muhammad arifin). GEDUNG BARU: Kepala Kantor Perpustakaan Kota Medan, Januari Pane memperlihatkan gambar desain gedung baru kantor Perpustakaan Kota Medan yang bakal dibangun awal September 2013, di kantornya Jalan Iskandar Muda, Rabu (14/8).

Medan, (Analisa). Perpustakaan Kota Medan bakal dibangun berlantai tiga pada September 2013. Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Kota Medan, Januari Pane kepada Analisa, Rabu (14/8). 

Dia menjelaskan, selama ini perpustakaan kota Medan hanya berada di lantai dasar dan bergabung dengan kantor Dinas Kendudukan dan Catatan Sipil kota Medan. Luasnya hanya 25x25 m. 

Kondisi yang sempit, lanjut Januari Pane tentunya akan terbantu dengan bertambahnya gedung baru seluas 5x25 m yang berdiri tiga tingkat. 

“Saat ini gambar sudah selesai, dan teken kontraknya 22 Agustus di Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim). Awal September mungkin sudah mulai dibangun,” katanya. 

Januari menjelaskan, tiga gedung itu nantinya di lantai bawah akan dijadikan tempat rak buku dilengkapi setiap sudut untuk komputer dan tempat membaca. 

Sementara lantai dua menjadi pusat administrasi dan lantai tiga menjadi aula dan ruang pertemuan untuk club-club penulis. 

“Di lantai pertama nantinya juga akan dilengkapi dengan kafe dan meja pelayanan. Jadi suasana perpustakaan benar-benar dibuat santai,” kata Januari sembari memperlihatkan gambar desain perpustakaan yang sudah siap.

Bangga 

Sejumlah warga menyambut bangga dibangunnya Kantor Perpustakaan Kota Medan. “Kabar yang sangat membanggakan. Mudah-mudahan terealisasi dengan cepat. Sebagai warga Medan sepatutnya kita mendukung. Ke depan agar walikota lebih peduli terhadap minat baca masyarakat,” kata Wahyu. 

Dia mengaku sering ke perpustakaan untuk membaca dan mencari informasi melalui internet yang disediakan secara gratis. Saat ini, katanya koleksi dan sarana perpustakaan kota Medan sudah representatif dan memadai. (maf)

Urus Kartu Perpustakaan Kota Medan Siap Dalam Hitungan Menit

Artikel dimuat pada: 05 May 2013, 02:26:00 WIB

gambar_berita

(Analisa/nirwansyah sukartara) BELAJAR DI PERPUSTAKAAN: Dua murid PAUD mendapat bimbingan dari petugas saat berkunjung dan memanfaatkan komputer di ruang layanan anak Kantor Perpustakaan Kota Medan, baru-baru ini.

Medan, (Analisa). Masyarakat menyambut baik sejumlah gebrakan yang dilakukan Kantor Perpustakaan Kota Medan seperti pembuatan kartu berbentuk ATM yang siap hanya dalam hitungan menit. 

“Baru saja kita urus. Isi biodata, langsung foto dan dalam hitungan 3-4 menit sudah siap kartu perpustakannya,” kata Masrul, warga Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (3/5). 

Menurutnya, langkah Kantor Perpustakaan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sangat positif khususnya untuk mendukung peningkatan minat baca. 

“Ya, dengan memberikan pelayanan kartu perpustakaan yang mudah tentunya masyarakat akan senang. Sehingga mereka pun akan mudah untuk meminjam buku-buku yang diinginkan,” katanya.

Kepala Perpustakaan Kota Medan, Drs Januari Pane menyikapi pelayanan prima pembuatan kartu perpustakaan dengan cepat karena saat ini pengunjung perpustakaan kota Medan semakin hari semakin meningkat. 

Selain berkunjung, ternyata mereka juga ingin meminjam buku. “Nah, selama ini saat meminjam mereka kesulitan karena tidak memiliki kartu. Makanya, kita berikan kartu dengan cepat. Masyarakat hanya membawa biodata, langsung difoto dan dalam hitungan menit kartu perpustakaan sudah siap,” katanya. 

Minat Baca 

Januari menambahkan, dalam rangka meningkatkan minat baca, perpustakaan Kota Medan mengagendakan beberapa acara penting yang dilaksanakan baik di Perpustakaan Kota Medan maupun di luar Perpustakaan Kota Medan seperti menghadiri talk show publikasi dan promosi Perpustakaan Kota Medan di salah satu radio swasta. Melakukan supervisi, pembinaan dan stimulasi perpustakaan kelurahan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kantor Perpustakaan Kota Medan pada Senin (6/5). 

Selanjutnya, melakukan pembinaan dan pengembangan minat baca bekerjasama dengan IBM Indonesia dan mengadakan berbagai lomba untuk tingkat SD, antara lain, mewarnai, merakit robot, story telling yang menyediakan berbagai hadiah menarik dari IBM Indonesia, Kamis (16/5). 

“Kita juga pada Sabtu-Minggu, (25-26/5) mengikuti Pesta Buku Dharmawangsa 2013 di Gedung Yayasan Pendidikan Dharmawangsa,” kata Januari. 

Dia juga bangga, saat ini banyak pihak yang telah berpartisipasi memajukan Perpustakaan Kota Medan. Antara lain, pada Jumat (3/5) mendapat sumbangan buku dari bagian Humas Pemerintaha Kota Medan 5 eksemplar. 

Buku berjudul “Galeri Foto Dokumentasi Walikota dan dan Wakil Walikota Medan sesuai Motto Pemko Medan "Hari ini Lebih Baik dari Hari Kemarin dan Hari Esok Lebih Cerah dari Hari ini". “Anda dapat menemukan buku kumpulan dokumentasi ini di Kantor Perpustakaan Kota Medan,” kata Januari Pane. Perpustakaan Kota Medan, lanjutnya juga mendapat kunjungan dari pegawai Pemkab Humbahas. “Tujuan kunjungan ini untuk obervasi sekaligus belajar mengenai sistem yang digunakan pada Perpustakaan Kota Medan,” katanya. (maf)

Perpustakaan Kota Medan Buka Tiga Kantor Cabang

Artikel dimuat pada: 14 Aug 2013, 06:45:57 WIB

gambar_berita

(Analisa/muhammad arifin). KERJAKAN TUGAS: Desi dan Rana mahasiswi IAIN Sumut bersama sejumlah teman-temannya terlihat serius mengerjakan tugas di Perpustakaan Kota Medan, belum lama ini.

Medan, (Analisa). Perpustakaan Kota Medan tahun 2013 akan membuka tiga kantor cabang di Kecamatan Marelan, Medan Tembung dan Sunggal. 

“Tahun 2013 kita akan membuka tiga kantor cabang perpustakaan. Ketiga kantor ini fungsinya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Perpustakaan Kota Medan, Januari Pane kepada wartawan di kantornya, jalan Iskandar Muda Medan,belum lama ini. 

Dia menjelaskan, ide dibuka kantor cabang perpustakaan salah satunya masalah jarak. Standarnya jarak satu perpustakaan itu paling jauh 10 km, dengan waktu tempuh 20 menit. “Dengan membuka kantor cabang bisa mengurangi mobilitas orang datang ke Kantor Perpustakaan kota Medan sehingga orang akan merasa diuntungkan. Bayangkan saja, jika di Marelan untuk meminjam buku ke kantor Perpustakaan Kota Medan. Berapa ongkos, waktu dan biaya makan yang harus dikeluarkan,” katanya.

Januari merinci, tiga kantor cabang yakni di Marelan dipusatkan di Kantor Kelurahan Terjun, di Kecamatan Medan Tembung dipusatkan di kantor Kelurahan Tembung, sedangkan di Medan Sunggal di Kantor Lurah Tanjung Rejo.

Menurutnya, tempat dan fasilitas sudah siap tinggal memasukkan peralatan dengan model sistemnya tidak jauh berbeda dengan di kantor Perpustakaan Kota Medan yakni dilengkapi dengan wifi. Apalagi, katanya di kantor lurah juga ada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga lebih dekat dengan anak-anak.

Dia menambahkan, di Perpustakaan Kota Medan saat ini jumlah pengunjung 200-300 per hari dengan koleksi 49.000 eksamplar dan 16.100 judul buku untuk non fiksi 15.000, sedangkan fiksi 11.000. 

Melalui kantor cabang, lanjut Januari pemesanan buku bisa onlie melalui website; perpustakaan.pemkmedan.go.id dengan syarat pemesan harus menjadi anggota dan sehingga bisa login dan mendapat kode akses .

“Pesan buku juga bisa online dengan membuka katalog buku online dimana buku-buku yang mau dipesan diberi tengat 2x24 jam. Setelah itu jika tidak dipesan akan hilang atau berganti data,” katanya. 

Selain itu, dengan dibukanya kantor cabang juga masyarakat bisa meminjam di kantor cabang dan bisa memulangi ke kantor cabang lainnya atau ke kantor Perpustakaan Kota Medan. Untuk menangani ini, lanjutnya akan didrop buku-buku melalui mobil keliling. 

Alami Peningkatan 

Kunjungan di Kantor Perpustakaan Kota Medan lebih banyak masyarakat umum, per harinya mencapai 200-300 orang. “Kunjungan mengalami peningkatan yang luar biasa, sebelumnya hanya orang-orang baca koran,” katanya. 

Sedangkan layanan buku, mulai pukul 07.45 WIB-19.00 WIB Senin-Jumat, Sabtu-Minggu pukul 09.00 WIB-17.00 WIB. Saat ini anggota perpustakaan mencapai 2000 lebih.

Sementara sejumlah pengunjung Perpustakaan Kota Medan mengaku saat ini Perpustakaan Kota Medan sudah sangat maju. Bahkan, saat ini sudah nyaman sehingga pengunjung betah untuk beraktivitas di perpustakaan Kota Medan. Misalnya mengerjakan tugas-tugas kuliah maupun mengakses informasi melalui internet.

Desi dan Rana mahasiswi IAIN Sumut mengaku senang di Perpustakaan Kota Medan selain fasilitasnya lengkap ruangannya juga nyaman. (maf)

Perpustakaan Kota Medan Lakukan Pembinaan Minat Baca PAUD

Artikel dimuat pada: 28 Apr 2013, 00:43:00 WIB

gambar_berita

(Analisa/nirwansyah sukartara) Mengunjungi perpustakaan kota Medan.

PERPUSTAKAAN Kota Medan melakukan pembinaan dan pengembangan minat baca untuk murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), baru-baru ini. 

Kali ini pembinaan ini dikhususkan untuk dua PAUD yang berada di Kecamatan Medan Tuntungan yakni PAUD Ambeg Paramata dan PAUD Cerdas Pelangi. 

Saat berkunjungan ke Perpustakaan Kota Medan yang terletak di Jalan Iskandar Muda tersebut, para siswa PAUD yang didampingi guru pembimbingnya sangat antusias mengetahui lebih dalam pemanfaatan perpustakaan. Mereka dibekali ilmu oleh Kasi Pelayanan Perpustakaan Kota Medan, Nurhayati SmHk dan Staf Pelayanan, Huller Sinaga.

Dalam binaanya, Nurhayati dan Huller mengajak murid-murid PAUD untuk sering berkunjung ke perpustakaan. Di perpustakaan, mereka bisa membaca buku cerita, bermain di komputer kids, maupun mewarnai gambar.

Setelah diberikan arahan, murid PAUD diajak bernyanyi bersama. Secara bergantian mereka menyanyikan lagu anak-anak mulai dari Pelangi-Pelangi hingga lagu lainnya. 

Usai bernyanyi, mereka diajak bermain di ruang anak. Di sini sebagian anak PAUD mencoba mengali ilmunya melalui komputer kids, bermain puzzle, mengenal segala jenis huruf, angka, nama-nama hewan, dan buah-buahan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Perpustakaan Kota Medan. Dalam sebulan, perputakaan Kota Medan mengundang delapan sekolah mulai, PAUD/TK, SD hingga SMP.

Yuk, segera datang ke perpustakaan!. ••• nirwansyah sukartara.