logo - 3

 quote-openMemberdayakan Masyarakat Melalui Perpustakaan dan Memelihara Akuntabilitas Melalui Kearsipan
quote-open

      :: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MEDAN ::

jam layanan

peta lokasi

kontak kami

Nama Pemenang Anggota Perpustakaan Terbaik Periode Semester 1 Tahun 2017

Dari hasil kriteria penilaian yang meliputi : Kesopanan, Peminjaman, Kunjungan, Pengembalian, dan Nilai Ujian Tertulis. Maka terpililah Enam Orang Anggota Perpustakaan Terbaik Periode Semester 1 Tahun 2017. Dimana masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa Smartphone yang Diberikan langsung oleh Bapak Fakhruddin, SH selaku Kepala Bidang Pengembangan Koleksi, Layanan, dan Konservasi Bahan Pustaka. Berikut adalah daftar nama-nama pemenang :

z

a

Pemilihan Anggota Perpustakaan Terbaik Periode Semester 1 Tahun 2017

Pemilihan Anggota Perpustakaan Terbaik Periode Semester 1 Tahun 2017 diadakan pada tanggal 04 Mei 2017 yang bertempatkan di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan. Acara ini di buka dengan kata sambutan oleh Bapak Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Drs. Darussalam Pohan, MAP. Pemilihan anggota perpustakaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para anggota agar lebih meningkatkan minat baca dan budaya baca di Perpustakaan. Kriteria penilaian terhadap pemilihan anggota perpustakaan terbaik meliputi : Kesopanan, Peminjaman, Kunjungan, Pengembalian, dan Nilai Ujian.  Dari hasil Kriteria tersebut maka terpilihlah 60 Nominasi Anggota Perpustakaan yang akan mengikuti Ujian Tertulis.

      anigif 5

Kunjungan Benchmarking Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Pasaman Barat

  perpus

Rabu, 19 April 2017  Benchmarking Diklat Kepemimpinan TK IV Pasaman Barat melakukan kunjungan kerja terhadap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan di Jalan Iskandar Muda no. 270 Medan. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk melihat dan mengamati lokus kunjungan serta sejauh mana pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan terhadap masyarakat. Kunjungan ini berlangsung sari pukul 10.00 WIB - 11.30 WIB. Kunjungan ini disambut oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Bapak Drs. Darussalam Pohan, MAP, Sekretaris Dinas, Drs. Januari Pane, Kepala Bidang Pengembangan Koleksi, Layanan, dan Konservasi Bahan Pustaka, Bapak Fakhruddin, SH dan Kepala Bidang Pengelolaan, Layanan, dan Pemanfaatan Arsip, Bapak Mopul Bernad Susanto, AP, S.Sos, M.Si. Selain perkenalan, para peserta diklkat memberikan souvenir.

Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca SDN 060836 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan

          17ap17 

                                  Suasana Pembukaan Kegiatan pembinaan dan Pengembangan Minat Baca SDN 060836 Medan


     Senin, tanggal 17April 2017 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan melakukan kegiatan pembinaan dan pengembangan minat baca kepada SDN 060836. Kegiatan ini berlangsung selama dua jam yakni dari jam 10.00 WIB s/d 12.00 WIB yang dihadiri oleh Bapak Drs. Januari Pane sebagai Sekretaris Dinas Perputakaan dan Kearsipan Kota Medan, Bapak Jhonny Marbun, S.Pd,M.Si sebagai Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca beserta pegawai dan guru. Bapak januari mengatakan bahwa membiasakan pola hidup untuk membaca sejak dini dapat meningkatkan daya ingat dan mina baca anak sekolah. tak hanya itu, dengan diadakannya pembinaan ini, anak-anak dapat mengambil manfaat dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen dan Kearsipan Tahun 2017

    1

    Pada Hari Rabu, 12 April 2017, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan mengadakan kegiatan yang berjudul "Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen dan Kearsipan Tahun 2017" yang diadakan di Hotel Putra Mulia, Medan. Sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 12 s/d 13 April 2017 dan didukung oleh Arsip Depo Medan. Sosialisasi ini ditujukan kepada para penginput  arsip di kecamatan-kecamatan Kota Medan sehingga  para duta arsip (penginput arsip) ini dapat menginput arsip-arsip inaktif yang berada di kecamatan masing-masing secara online   

      Menurut Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah RI No. 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan UU No. 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan  bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lemabaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Beberapa jenis arsip diantaranya :

1. Arsip aktif        : Arsip yang selalu dipergunakan atau secara terus menerus

2. Arsip inaktif    : Arsip yang jumlah penggunaannya sudah berkurang (masa aktif berkurang) .

                               Contohnya : surat tanah, silang sengketa, ahli waris, ganti rugi, arsip yang berada di SKPD/Kec,

                               tersebut; keuangan, kepegawaian, umum, dsb.

3. Arsip statis      : Arsip yang mengandung nilai sejarah dan berstatus dipermanenkan, seperti ; Istana Maimun,                                     dsb

4. Arsip vital       : Arsip yang keberadaannya tidak bisa digantikan, tidak dapat diperbaharui apabilah rusak atau                                   hilang, seperti ; ijazah, akta nikah, BPKB, dsb.

    Dengan adanya pelatihan ini, para duta arsip yang bertugas sebagai penginput arsip dapat menata pengelolaan pengarsipan di kecamatan sehingga memudahkan dalam hal penemuarn arsip-arsip yang di kecamatan tersebut.

Suasana Aktivitas Pengunjung Perpustakaan

     Senin, 10 April 2017 suasana perpustakaan umum kota medan terlihat ramai oleh pengunjung. Tidak hanya melihat buku, para pengunjung juga melakukan diskusi dan membaca buku.

                                saq